Softskill : Desain Pemodelan Grafik
Judul : Pengaruh Terhadap Perkembangan Grafis
Nama : Antoni Lim
NPM :
51414432
Kelas : 3IA21
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Desain Permodelan Grafik
Dosen :
Syefani Rahma Deski
Pengaruh Terhadap Perkembangan Grafis
·
Perkembangan Desain Grafis dari
Berbagai Media
Kata
Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul
New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison
Dwiggins, seorang desainer buku Amerika. Raffe’s Graphic Design, yang
diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan
istilah Desain Grafis pada judulnya The signage in the London Underground
adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang
dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
·
Pengaruh Kebudayaan & Teknologi
dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis
Ada sebuah pengaruh terhadap kebudayaan dan juga teknologi
dari suatu desain pemodelan grafis. Budaya yang digunakan sebagai sumber
pemikirnan utnuk mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita yang
menarik digunakan sebagai desain grafis, sebagai contohnya adalah kerajinan
kain daerah, keramik dan masih banyak lainnya.
Dengan semakin majunya perkembangan teknologi maka semakin
mudah bagi kita untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat
dan kita pun bisa menghasilakn banyak sedali desain grafis sehingga lebih
mengefisienkan segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam desain
pemodelan garfis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran yang
dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah
penyebab paling mendasar dari keinginan perilaku seseorang. Budaya merupakan
kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san perilaku yang dipelajari
oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
·
Desain Pemodelan Grafis dari segi Interaksi Manusia
dan Komputer
Kemampuan
estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting
terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi
lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk
menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di
semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar
belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa
keahlian ilmu manusia.
Suatu
alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan
tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin
dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat
kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan
komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem
sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.
- Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer
- Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer
untuk mempermudah manusia dalam
mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan
selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia
dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat
akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
Kita butuh Interaksi manusia
komputer agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat
membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya
dalam membuat suatu pekerjaan.
Disiplin ilmu yang terlibat dengan
Interaksi manusia dan komputer sangatlah banyak. Dan salah satunya adalah
Desain Pemodelan Grafis.
Comments
Post a Comment